Foto: Kepala Puskesmas Bolo saat menerima penghargaan. |
Bima,
TalkingNEWSntb.com. Hasil
penilaian Kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik Kabupaten Bima oleh
Ombudsman RI yang menetapkan Kabupaten Bima yang pada tahun sebelumnya berada
pada kategori kualitas sedang/Kategori C dengan nilai 57,22 berada pada
zona kuning, pada penilaian lembaga tersebut pada tahun 2023, Kabupaten Bima
mengalami peningkatan signifikan dengan nilai 86,65 kategori B kualitas
tinggi atau berada pada zona hijau.
Sebagai wujud apresiasi atas prestasi tersebut Selasa (16/1)
Kepala Perwakilan Ombudsman RI NTB Dwi Sudarsono, SH. didampingi, Kepala
Keasistenan Bidang Pencegahan Maladministrasi Arya Wiguna, SH., MH dan
Sahabudin, SH menghadiri Penganugerahan Predikat Penilaian yang dihelat
Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Bima.
Wakil Bupati H.Dahlan M.Noer yang hadir bersama Pj. Sekda Suwandi, ST.MT
dihadapan para Kepala OPD dan Kabag Lingkup Sekretariat Daerah dalan arahannya
menyampaikan apresiasi atas fasilitasi Ombudsman Perwakilan NTB.
"Terima kasih kepada Tim Ombudsman NTB yang telah apresiasi
dan kerjasama yang cukup kompak dengan tim asistensi pemerintah Kabupaten Bima
atas capaian signifikan dalam penilaian kepatuhan pelayanan publik".
Ungkap Wakil Bupati.
Untuk mencapai hasil yang lebih baik, pejabat diminta untuk
berpikir cerdas menyelesaikan hal-hal yang belum dicapai dalam kaitannya dengan
pelayanan publik.
Menutup sambutannya, Wabup menyampaikan bahwa Bupati Bima
selalu mendorong aparat pemerintah agar terus meningkatkan pelayanan yang
berkualitas karena dengan kualitas pelayanan publik yang baik maka sumber daya
manusia di Kabupaten Bima dapat ditingkatkan. Terang Wabup Dahlan.
Sebelumnya, Kepala Perwakilan Ombudsman RI NTB Dwi
Sudarsono, SH dalam sambutannya mengatakan, kehadiran Ombudsman untuk
memberikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Bima dan OPD yang
berprestasi di bidang pelayanan publik.
Dalam delapan tahun terakhir, Ombudsman menyelenggarakan
penilaian kepatuhan pelayanan publik yang mengacu pada sejumlah dimensi
penilaian, antara lain kompetensi pegawai sesuai bidang, ketersediaan
sarana dan prasarana, persepsi masyarakat terhadap penyelenggara negara mal
administrasi dan pengelolaan pengaduan. Terangnya
Selamat kepada Kabupaten Bima yang memasuki zona hijau, 86,65 poin (kualitas
tinggi) dan menjadi yang tertinggi di NTB. Mudah-mudahan tahun depan bisa
mendapatkan nilai di atas 96". Harapnya.
Berdasarkan penilaian Ombudsman tahun 2023, kategori OPD Dinsos dan PKM
Bolo mendapatkan nilai A kategori kualitas tertinggi. OPD lainnya yaitu
DPMPTSP, Dinas Dukcapil, Dikbudpora, PKM Belo kategori B kualiatas Tinggi. (Advt/agus)