![]() |
Foto: Wali Kota Bima HML saat menjadi narasumber di InewsTV. |
Kota Bima, TalkingNEWSntb.com -- Inovatif, visioner dan bijaksana, itulah kata yang patut disematkan terhadap sosok H. Muhammad Lutfi, SE (HML). Menjabat sebagai Wali Kota Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akhir 2018 silam, menorehkan banyak sederet prestasi hingga penghargaan bergengsi tingkat nasional.
Sebagai figur yang cukup matang, HML sebutan akrabnya ini juga punya pengalaman mumpuni di dunia perpolitikan Nasional. Terbukti beliau berhasil menjabat sebagai anggota DPR RI selama dua periode. Sehingga pengalaman empiris dalam sistem pemerintahan itulah menjadi modal awalnya membangun Kota Bima saat ini.
Dengan sederet penghargaan yang diraih, salah satunya yakni Penghargaan Inovation Digital Award (IDA) oleh Lembaga Penyiaran MNC Portal 2021 lalu. Menarik perhatian media TV Nasional (InewsTV) ingin mewawancarai secara ekslusif keberhasilan Wali Kota Bima dalam membangun daerah dengan julukan kota tepian air tersebut.
Jumat 19 Agustus 2022, HML diundang menjadi nara sumber oleh Lembaga Penyiaran Nasional Milik Hary Tanoe Sudibyo dalam acara Talk Show.
Hadirnya Walikota HML di Talkshow itu tentu ada penilaian yang obyektif dari salah satu stasiun TV Swasta terbesar di Indonesia akan sebuah kesuksesan dan Kemajuan Kota Bima yang tentunya menjadi referensi Kota lainnya di Indonesia.
Walikota HML dalam momentum itu memaparkan berbagai bentuk kesuksesan tentang “Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Pemerintah Kota Bima”.
Walikota HML menunjukkan Highclass nya sebagai Politisi Nasional dengan secara sistematis menguraikan kesuksesan Pemerintah Kota Bima yang dikendalikannya sehingga mengalami kemajuan dan kesetaraan khususnya di bidang pelayanan publik.
Pemaparan Walikota HML tersebut berbanding lurus dengan yang dilakukannya dalam membenahi Kota Bima sejak menjadi Walikota 2018 lalu.
Menurut Walikota HML bahwa ada strategi tertentu dalam meningkatkan pelayanan Publik di Kota Bima seiring dengan perkembangan Teknologi dan Informatika.
Menurut Walikota HML bahwa dalam pelayanan Publik ada kepatuhan-kepatuhan terhadap standar pelayanan publik.
Kepatuhan terhadap standar pelayanan publik itu antara lain keramahan para Aparatur Sipil Negara di Puskesmas, Dukcapil, kantor pelayanan terpadu dan seluruh OPD lainnya, karena keramahan juga adalah salah satu faktor penting dalam memberikan pelayanan.
“Misalnya ada kepatuhan terhadap regulasi, kepatuhan terhadap Standar Operasional Prosedural disamping itu kita juga mendukung dengan sarana dan prasarana setiap OPD sehingga berdampak pada sistim pelayanan publik yang prima,” ujar Walikota HML.
Menurut Walikota HML, Kini warga Kota Bima tidak terlalu banyak keluh kesah terkait dengan pelayanan justru warga masyarakat apresiasi pemerintah Kota Bima soal pelayanan yang langsung hingga tingkat dasar.
Di Kota Bima menurut HML, Dengan sistim pelayanan yang mengikuti perkembangan teknologi digitalisasi sangat terasa manfaat nya untuk masyarakat itu sendiri.
“Karena pelayanan kita langsung tertuju pada pelayanan tingkat paling dasar yakni RT dan RW, sehingga masyarakat memperoleh kemajuan dan tentunya setiap saat di Android saya selalu kontrol, bila saja ada OPD yang lamban tangani keluhan warga saya bisa langsung perintahkan mereka,” demikian beber Walikota HML. (Red)
Editor: Agus